Kamis, 06 Maret 2008

Pendadaran

Plong…ya itu hal yang dirasakan setelah melewati apa yang dinamakan dengan PENDADARAN. Walaupun di PWK sendiri setelah pendadaran masih ada yang disebut dengan reviisi namun yang penting sudah berkurang bebannya. Bagaimana tidak, karena sistem TA di PWk memang rada ribet. Untuk ujian sendiri harus melewati beberapa tahap.

Yang pertama disebut dengan Pra Pendadaran, sebenarnya mirip ujian skripsi hanya yang menguji satu dosen+dosen pembimbing. Nanti setelah pra selesai maka akan dilanjutkan dengan perbaikan kalau memang ada, kalau ga ada bisa langsung pendadaran. Untuk jarak pra pendadaran dengan pendadaran sendiri relatif dan fleksibel, mau cepat atau lambat tergantung dengan banayk tidaknya apa yang perlu direvisi. Paling cepat ada yang Pra pendadaran selasa trus jumat sudah pendadaran, itu rekor yang tercepat.

Nah setelah selesai revisi pra pendadaran maka dilanjutkan dengan pendadaran, the real examination, pengujinya ada dua orang+dosen pembimbing. Harusnya ketika pendadaran kesalahan-kesalahan yang muncul sewaktu pra pendadaran sudah diperbaiki dan bertambah lebih baik, namun tidak menutup kemungkinan malah menambah kesalahan. Nantinya setelah pendadran akan muncul koreksi atau revisi dari masing-masing dosen penguji mengani hasil penelitian kita.

Tenggat waktu revisi tergantung kesepakatan atau kebijakan dosen pembimbing, bisa lama namun ada yang membatasi selama sebulan (kayak dosenku,,Cuma dikasih waktu sebulan). Lebih dari sebulan tidak mau tanda tangan.

Yup,,sekarang harus cepat ngerjain revisi. Waktu sebulan itu cepat banget. Kalau mau ngejar mei april harus yudisium. Berarti waktunya sangat cepat banget.Ganbatte.bismillah

Tidak ada komentar: